Sejarah Komputer Generasi Pertama

Share on :

Komputer digital elektronik pertama merupakan sebuah hasil karya dari seorang professor fisika di Universitas Lowa yang bernama John Vicent Atanasoff. Ketika itu dia sedang melakukan penelitian yang mencari cara untuk memecahkan suatu persamaan linear dan kemudian memiliki ide untuk menggabungkan kedua sirkuit elektronik dengan memori kapasitor menggunakan scanning mekanis. Dalam desain dasar perangkat, jenis komputer generasi pertama tersebut hanya terdiri dari memori komposit yang berputar silinder.


Jenis komputer generasi pertama ini dilengkapi dengan kontak listrik dalam bentuk pin kuning kecil yang terkait dengan kapsitor untuk melakukan perubahan beban selama operasi yang dipantau dan disesuaikan oleh sebuah sirkuit listrik. Secara logika, sistem tersebut dilakukan dengan hampir 255 jenis katup triode ganda.

Pada awal perang dunia ke 2, jenis komputer generasi pertama dengan sistem elektromekanis sudah tersedia sebagai ASCC (Automatic Squence Controlled Calculator) yang dikembangkan oleh IBM, Amerika Serikat. Setelah itu pada tanggal 5 Juni 1943, pemerintahan Amerika Serikat menandatangani kontrak dengan Universitas Pennsylvania untuk mengembangkan proyek ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) dimana 3 tahun kemudian merupakan awal dari komputasi digital.

Jenis komputer generasi pertama tersebut merupakan sebuah kompleks besar yang menggunakan lebih dari 18 ribu katup yang dipasang pada rangka dengan berat hingga 30 ton dan berada di ruangan dengan ukuran 250 kaki persegi. Komputer ini mengkonsumsi daya rata – rata 150 km mendukung frekuensi click hingga 100 Khz.

ENIAC erupakan sistem yang digunakan notasi desimal dan dapat beroperasi hingga 10 digit dalam satu decade melalui counter yang berfungsi sebagai akumulator untuk menyimpan nomor di handset. Sistem tersebut pertama kali digunakan dalam sebuah kerja praktek untuk pemecahan masalah dengan projek yang terkenal bernama Manhattan Project, di mana bertanggung jawab dalam memproduksi bom atom pertama di tahun 1945. Sementara itu pada awal komputasi, arsitektur memori masih menggunakan rangkaian flip – flop untuk katup sebagai tempat penyimpanan data yang sangat mahal.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler