Mengenal Karakteristik Setiap Jenis Komputer

Share on :

Di dalam suatu lingkungan entah itu profesional ataupun pribadi, penggunaan komputer dalam melakukan cara berbisnis dan hiburan semakin berevolusi, hal ini terlihat dari semakin maraknya jenis komputer yang beredar di masyarakat. Perbedaan tersebut tentunya perlu sekali disesuaikan di dalam menentukan perangkat komputer yang terbaik untuk digunakan dalam aktivitas yang diperlukan sehari – hari.

Mengenal Karakteristik Setiap Jenis Komputer

Ukuran dan Bentuk

Ukuran dan bentuk dapat membedakan satu jenis komputer dengan komputer lainnya. Misalnya, jenis komputer mobile seperti iPad mempunyai bentuk yang jauh lebih kecil dari jenis komputer desktop standar. Demikian pula yang terjadi pada komputer desktop tradisional yang hanya menyediakan sedikit ruang untuk penempatan komponen – komponen internal.

Ukuran dan bentuk dari komputer juga mempengaruhi penggunaan hardware yang mungkin ada. Sebagai contoh, jenis komputer desktop mempunyai kapasitas penggunaan hardware yang jauh lebih besar dari pada jenis komputer portable “laptop”. Banyak unit – unit yang terdapat di komputer desktop mungkin tidak tersedia pada perangkat laptop di sebabkan ukuran dan bentuk yang kecil.

Kecepatan

Secara umumnya, semakin tinggi kecepatan komputer, maka akan semakin baik di dalam menangani panggilan – panggilan data. Hal tersebut berarti komputer mampu menangani sebuah pekerjaan dengan lebih cepat. Jenis komputer berdasarkan tingkat kecepatan biasanya di gambarkan pada besarnya kapasitas RAM dan penggunaan prosesor, semakin besar RAM dan Prosesornya maka akan semakin cepat bekerja. Biasanya notasi satuan dilambangkan dalam GB untuk RAM dan GHz untuk prosesor.

Fungi dan Penggunaan

Pemilihan jenis komputer yang tepat juga dapat digambarkan melalui fungsi dan penggunaannya. Sebagai contoh, jika anda gemar bermain game komputer, jenis komputer yang terbaik untuk dipilih yaitu perangkat yang mempunyai prosesor berkecepatan tinggi, RAM yang besar dan kartu grafis yang berkualitas. Faktor – faktor tersebutlah yang mempengaruhi kinerja komputer di dalam menjalankan aplikasi game dengan baik.

Sedangkan jenis komputer yang hanya digunakan untuk penggunaan standar seperti mengetik, mengeprint dan bermain game ringan, anda tidak perlu menggunakan jenis prosesor, ram dan grafis yang tinggi.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler