Jenis Komputer Generasi Kedua

Share on :

Setelah komputer generasi pertama dikembangkan oleh beberapa negara dunia, lambat laun mulai muncullah beberapa komputer dengan sistem yang lebih canggih dan simple dari versi sebelumnya. Untuk itulah kami akan memberikan informasi mengenai jenis komputer generasi kedua dari beberapa pengembang di dunia.


Yang pertama datang dari sebuah ekperimental yang dilakukan universitas Manchester dengan produknya Computer British Transistor. Perangkat ini mulai beroperasi pada bulan November 1953 dan secara luas dikenal oleh masyarakat dunia sebagai komputer dengan sistem transistor untuk digunakan secara masal.

Ada dua versi komputer transistor yang telah diciptakan, yaitu pada tahun 1952 dimana komputer tersebut memiliki 92 poin kontak transistor dioda germanium dan kemudian pada tahun 1955 telah dilakukan pengembangan sehingga menghasilkan komputer yang memiliki 200 transistor poin kontak dan 1300 dioda. Proyek ini kemudian diadopsi oleh perusahaan Metropolitan – Vickers, yang mengubah semua sirkuit untuk transistor dengan versi 950 Metrovic dibangun dari tahun 1965 untuk penggunaan internal.

Sementara itu Amerika juga mengembangan jenis komputer generasi kedua yang dirancang oleh Bell Labs dengan nama digital komputer transistor airborne digital. Ini merupakan komputer transistor pertama AS meskipun masih menggunakan katup sirkuit untuk memasok daya30 watt sebesar 1 MHz. Proyek pembuatan komputer ini dimulai pada tahun 1951 dan selesai pada bulan Januari 1954.

Mereka mengembangkan empat versi jenis komputer generasi kedua mulai dari Leprechaun yang menggunakan transistor dan junction untuk kemudian dikembangkan menjadi XMH-3 dengan kualitas yang lebih baik. Hasil yang lebih memuaskan terlihat pada model Phase One Computer yang memiliki lebih dari 684 transistor catridge dan 10358 titik dioda germanium kontak. Dan yang terakhir versi tradisional dengan bentuk lebih ringan dan kecil untuk dipasang di sebuah B-52 stratofortress.

Jenis komputer generasi kedua juga pernah di produksi oleh Heinz Zemanek pada tahun 1955 dimana dia menciptakan komputer pertama dengan full transistor walaupun hanya sebagai percobaan. Komputer ini terdiri dari 300 transistor dan 5000 dioda.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler