Mengenal Jenis Komputer Minframe

Share on :

Minframe merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk komputer dengan penggunaan prosesor berkinerja tinggi secara intensif dan dalam skala besar, sehingga tidak mungkin untuk menggunakannya dalam versi yang standar. Komputer jenis ini biasanya banyak digunakan oleh bank, perusahaan ataupun instansi pemerintahan yang membutuhkan kinerja lebih handal dan aman untuk melakukan beragam aktivitas mulai dari menyimpan data ataupun melakukan operasi lainnya.

Mengenal Jenis Komputer Minframe

Jenis komputer mainframe yang pertama yaitu ENIAC atau Integrator Numerik Elektronik And Computer dimana memiliki sekitar 30 unit yang terpisah dan beratnya lebih dari 30 ton. Sistem komputer ini mempunyai sekitar 1500 pemancar, 19 ribu tabung cakum dan ratusan rebut kapasitor, inductor dan resistor.

Setelah itu pengembangan terus dilakukan oleh beberapa perusahaan besar seperti IBM, Control Data, NCR, dan UNIVAC. Dimana setelah pengembangan tersebut hingga tahun 1950 jenis komputer mainframe semakin berjaya untuk digunakan dalam berbagai tujuan untuk kepentingan negara dan perusahaan pribadi.

Jenis komputer mainframe modern saat ini terdiri dari dua tipe yang berbeda. Pada tipe pertama tidak hanya terbatas pada mesin komputasi serbaguna, namun mereka juga mampu melayani pengguna untuk mendistribusikan informasi ke server yang lebih kecil di dalam jaringan. Sedangkan untuk tip eke dua yaitu jenis mainframe tradisional yang telah direvisi untuk memenuhi persyaratan mainframe modern, seperti menjalankan program di internet. Meskipun prediksi mainframe akan punah sebelum pergantian millennium terakhir, namun mesin ini terbukti masih bermanfaat untuk digunakan dalam penggunaan pribadi.

Kebanyakan dari jenis komputer mainframe modern telah diproduksi oleh IBM, Hitachi dan Amdahl. Komputer tersebut biasanya menggunakan sistem operasi IMB MVS, dimana sistem MVS memiliki pilihan untuk melakukan time – sharing yang mirip dengan “prompt” dos bagi pengguna PC. Mainframe lain juga dapat menggunakan sistem operasi Unix, Linux, z/OS, OS/930 dan VSE.

Mainframe dapat menyimpan data sebagian besar menggunakan set kode EBCDIC, meskipun untuk beberapa jenis dapat menggunakan pengkodean ASCII. Kode set tersebut terkait dengan bagaimana mainframe encode alphabet internal di dalam sistem yang bekerja.



Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler