Mainframe Komputer Generasi Pertama

Share on :

Minframe merupakan jenis komputer yang memiliki banyak perbedaan dengan personal komputer, dimana komputer mainframe tidak mempunyai arsitektur yang jelas. Kebanyakan dari komputer berjenis mainframe hanya dilengkapi dengan beberapa sistem yang menghubungkan secara langsung antara memori dan central processing unit atau yang sering disebut dengan CPU.

Mainframe Komputer Generasi Pertama

Jika berbicara kebelakang mengenai mainframe komputer generasi pertama. Pada sekitar tahun 1959 seorang ahli komputer telah menciptakan sebuah komputer dengan sistem vacuum tube yang kemudian menjadi awal mula perkembangan komputer mainframe di dunia. Jenis kompuer vacuum tube ini di beri nama dengan sebutan IBM 709.

Vacuum tube merupakan mainframe komputer generasi pertama yang menggunakan beberapa saluran data untuk IO. Perangkat ini mempunyai bentuk central processing unit ( CPU ) yang dapat dengan mudah di buka seperti buku untuk kemudian pengguna dapat mengakses sistem kabel di dalamnya.

Sistem tersebut telah dilengkapi sekitar tujuh unit yang mempunyai fungsi berbeda termasuk di dalamnya sistem memori, saluran data – data dan pasokan listrik di tambah dengan beberapa fungsi card reader, printer dan banyak sekali tape drive. Seluruh sistem tersebut awalnya di bangun dengan memakan biaya hingga 2.5 juta dollar Amerika Serikat, yang kemudian digunakan pada perusahaan – perusahaan besar, laboratorium pemerintah dan universitas dengan sedikitnya satu atau dua unit untuk seluruh instansi.

Mainframe komputer generasi pertama yang paling terkenal yaitu IBM 709 dengan sistem 36 bit mesin biner yang hampir mirip dengan versi terdahulunya yaitu IBM 704. Perangkat komputer ini mempunyai tambahan saluran data dan bukan di program dengan I / O. Saluran data tersebut berupa unit DMA yang di program untuk beroperasi secara independent dari CPU. Sistem tersebut juga dapat menambahkan beberapa instruksi baru dan mempunyai fitur arsitektur, tetapi juga memiliki modus kompatibilitas untuk meniru cara kerja dari IBM 704 dengan melakukan block off part pada memori dan trapping 704 I / O.



Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler