Kelebihan Komputer Mainframe Yang Perlu Anda Ketahui

Share on :

Penggunaan komputer mainframe saat ini hanya diperuntukan untuk perusahaan – perusahaan pribadi ataupun instansi pemerintahan. Karena komputer mainframe mempunyai ukuran yang cukup besar untuk menempatkan berbagai peralatan yang mendukung, sehingga pengguna perlu membuat ruangan khusus guna merawat dan menjalankan komputer tersebut.

Kelebihan Komputer Mainframe Yang Perlu Anda Ketahui

Walaupun ukurannya yang begitu besar, kelebihan komputer mainframe dari jenis komputer lainnya yaitu telah memiliki jumlah prosesor yang lebih dari satu. Tentunya semua itu dapat memberikan tingkat kecepatan kerja yang jauh lebih maksimal hingga 1 giga operation per second. Karena itulah, harga yang diperntukan bagi komputer mainframe satu unitnya sangat mahal sekali.

Kelebihan komputer mainframe lainnya yaitu dapat digunakan secara langsung oleh banyak pengguna dalam satu jaringan. Dengan fungsi seperti itu, tidak heran komputer mainframe digunakan untuk bidang bisnis, perkantoran ataupun pemerintahan. Pengguna juga tidak perlu dipusingkan untuk menggunakan aplikasi dalam waktu yang bersamaan, karena komputer mainframe mempunyai fleksibilitas seperti itu.

Biasanya komputer mainframe menggunakan teknologi time sharing untuk proses penyimpanan ataupun pengambilan data – data dari prosesor. Karena itulah kinerjanya sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan jenis komputer biasa. Kelemahan terbesar dari komputer mainframe terlihat jelas pada efektivitas pengeluaran biaya, dimana komputer ini memerlukan daya listrik yang besar dan tentunya dapat menghasilkan pengeluaran yang besar pula.

Dalam perkembangan dunia teknologi komputer hingga sekarang ini, banyak para pengguna komputer yang mulai beralih menggunakan jenis komputer PC atau personal komputer. Komputer ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari komputer mainframe, sudah mendukung interface dari GUI, mudah sekali dioperasikan bagi orang awam, dan tentunya biaya perawatan dan pembelian yang sangat murah.

Perkembangan komputer mainframe sekarang ini semakin meredup yang disebabkan munculnya berbagai macam teknologi komputer yang lebih maju dan ringkas untuk melakukan berbagai macam pekerjaan dengan lebih mudah, walaupun masih ada beberapa perusahaan besar yang menggunakannya, karena mereka akan dengan mudah mengamankan beragam data – data yang penting. Demkianlah beberapa pembahasan mengenai kelebihan komputer mainframe yang dapat kami informasikan untuk anda, semoga membantu.



Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler