Jenis Jaringan Komputer Yang Perlu Anda Ketahui

Share on :

Jenis jaringan komputer yang ada saat ini dapat diklasifikasikan dalam beberapa kategori yang disesuaikan menurut metode transfer data, lingkungan dimana jaringan dioperasikan, jaringan bintang, sarana fisik dukungan untuk mengirim data, teknologi transmisi dan masih banyak lagi.


Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis jaringan komputer yang umum digunakan dalam kehidupan sehari – hari, diantaranya:

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network merupakan jenis jaringan yang berhubungan dengan negara dan benua. Jaringan ini sebenarnya di dasari oleh beberapa jaringan yang saling berhubungan misalnya LAN dan MAN. Teknologi yang digunakan untuk transmisi data sangat berbeda, namun untuk pertukaran informasi dilakukan dengan ikatan umum berdasarkan teknologi heterogen ini diperlukan. Link umum yang biasa digunakan disebut dengan protokol jaringan.

Local Area Network (LAN)

Jaringan LAN atau Local Area Network ditandai dengan menempati area terbatas di sebagian bagunan ataupun beberapa bangunan di dekatnya, namun saat ini sering terbatas pada satu lantai bangunan, sekelompok kamar ataupun satu kamar. Jaringan ini memiliki kecepatan internet mulai dari 10 Mbps sampai 1 Gbps dan yang paling umum sebesar 100 Mbps.

Wireless LAN (WLAN)

Wireless Local Area Network sangat cocok digunakan untuk situasi dengan mobilitas seperti pemasangan pada kendaraan ataupun di tempat – tempat hiburan. WLAN sangat fleksibel dan mudah untuk diinstalasi meskipun peralatannya lebih mahal daripada jaringan tradisional LAN.

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN pada dasarnya adalah sebuah WAN, yang ukurannya lebih kecil dan biasanya juga dapat memastikan interkoneksi pada jaringan lokal. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa bangunan besar yang berdiri di sebuah kota, sehingga hanya terbatas pada ruang lingkup perkotaan saja. Teknologi yang digunakan MAN dapat mencakup peer to peer jaringan atau menggunakan cara yang memungkinkan output yang lebih tinggi sebagai FDDI, ATM, DQDB atau bahkan Gigabit Ethernet.

Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network atau PAN merupakan konsep jaringan pribadi namun tidak hanya terkait dengan ukurannya yang kecil, tetapi juga fakta bahwa jaringan ini menggunakan komunikasi nirkabel.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler