Fungsi Keyboard Komputer

Share on :

Keyboard merupakan sebuah perangkat hardware komputer yang sangat vital sekali penggunaannya. Fungsi keyboard komputer yang paling utama adalah untuk akses penggunaan komputer yang lebih cepat dengan menyediakan sejumlah cara pintas ke berbagai fungsi dan tentunya memfasilitasi tugas yang diberikan oleh user untuk selanjutnya di olah oleh komputer.

Fungsi Keyboard Komputer

Perangkat keyboard terdiri dari huruf - huruf, simbol ataupun bentuk lainnya yang sejenis dan dioperasikan dengan cara menekan menggunakan ke dua tangan. Namun demikian ternyata ada beberapa kunci utama dan fungsi dari masing - masing huruf pada keyboar, diantaranya:

Fungsi ALT; merupakan sebuah tombol yang memungkinkan pengguna memberikan tugas untuk beralih fungsi tertentu di dalam program, misalnya beralih antara zoom in dan zoom out.

Fungsi Backspace; tombol yang satu ini mempunyai peranan penting untuk menghapus karakter tertentu di sebelah kiri kursor mouse dan umumnya digunakan di dalam teks.

Caps Lock; kunci ini digunakan untuk menyimpan kata - kata dalam huruf besar atau capital dimana akhirnya mematikan fungsi tertentu dalam sebuah program secara permanen.

CTRL dan ALT; kedua tombol ini biasanya digunakan dalam suatu kombinasi dengan tombol lainnya sebagai cara pintas untuk mengaktifkan program tertentu atau sistem operasi itu sendiri.

End; tombol ini digunakan untuk mencapapi akhir baris pada sebuah teks atau satu halaman dengan cepat dan muda hanya dalam satu kali klik saja.

Enter; anda akan selalu menggunakan tombol enter dalam segala aktifitas. Fungsi utama dari tombol ini adalah untuk menegaskan tugas dalam kota dialog ataupun membuka jalur baru ketika anda menulis.

Esc; atau yang dikenal dengan Escape merupakan tombol yang digunakan untuk membatalkan berbagai jenis perintah, pilihan, dan yang lainnya yang sejenis.

Home; merupakan sebuah tombol yang berfungsi kebalikannya dari fungsi tombol End, dimana anda akan dengan cepat kembali ke baris awal dengan hanya satu klik.

Insert; digunakan untuk beralih antara modus karakter masukan dalam overlay teks atau insert.

Num Lock; menghidupkan dan mematikan tombol

Print Screen; berfungsi untuk menangkat foto pada layar komputer secara keseluruhan


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler