Fungsi CPU Komputer

Share on :

CPU atau Central Processing Unit merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. Benda ini terdiri dari berbagai macam perlengkapan hardware seperti RAM, motherboard, harddisk, kartu grafis, power supply, prosesor, dan beberapa perangkat lainnya yang menjadi satu kesatuan yang lebih untuk. Sehingga dengan adanya CPU ini anda dapat melihat aplikasi yang ditampilkan pada layar monitor.

Fungsi CPU Komputer

Fungsi cpu komputer yang paling utama yaitu digunakan untuk melakukan proses operasi artimatika dari berbagai macam data yang tersimpan di dalam memori yang berjalan melalui perangkat keras yang tersimpan di dalam komputer. Didalam sistem CPU, anda akan mendapati berbagai macam perangkat lunak untuk mempermudah mengoperasikan komputer.

Perangkat lunak tersebut biasanya tersimpan pada harddisk yang terdapat di dalam CPU. Ketika anda menyalakan komputer dan mulai untuk menjalankan aplikasi. Secara langsung sistem akan memberikan instruksi untuk mengolah data - data di dalam RAM untuk kemudian prosesor membaca dan mengakses data - data untuk ditampilkan pada layar komputer.

Beberapa komponen yang mempunyai fungsi terpenting pada CPU komputer seperti:

- Prosesor; Hadware ini merupakan otak dari pada komputer yang bertugas untuk menjalankan beragam perintah yang pengguna berikan. Saat ini ukuran kecepatan prosesor diberikan dalam satuan GHz, semakin besar ukurannya maka kinerja komputer akan semakin cepat untuk memproses data - data.

- RAM; Tempat penyimpanan data sementara agar prosesor tidak keseringan mengakses harddisk yaitu dapat ditempuh dengan penggunaan RAM. Semakin besar kapasitas RAM pada suatu komputer, maka akan semakin cepat prosesor memanggil data - data yang diperlukan, tanpa perlu lagi mengakses data - data yang terdapat di harddisk.

- Harddisk: Harddisk merupakan media tempat penyimpanan data - data dari suatu komputer. Seluruh perangkat lunak yang terdapat dikomputer akan disimpan di dalam harddisk, dan ketika user menjalankan perangkat lunak atau aplikasi dari komputer. Secara tidak langsung RAM akan mulai membacanya untuk kemudian prosesor melakukan pekerjaannya.



Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler