Fungsi Printer Komputer

Share on :

Printer merupakan salah satu komponen hardware pendukung bagi perangkat komputer desktop ataupun portabel seperti laptop dan notebook. Fungsi printer komputer yang utama yaitu untuk melakukan pencetakkan data - data dari dalam komputer seperti tulisan dan gambar untuk di aplikasikan pada selembar kertas dengan lebih tepat, cepat dan terstruktur dengan rapih.

Fungsi Printer Komputer

Perangkat printer ini banyak sekali digunakan di dalam dunia pekerjaan, bisnis ataupun pribadi, dan tentunya dapat memberikan efisiensi waktu bekerja yang lebih cepat ketimbang melakukan peng-copyan data secara manual.

Bagian utama dari printer itu sendiri dinamakan "printer" yang bertugas untuk mencetak teks ataupun gamber dengan dukungan tinta. Tinta ini biasanya tersimpat dalam sebuah wadah yang dinamakan catridge dan biasanya terdapat pada bagian atas komputer dengan sistem kerja secara horizontal dari kiri ke kanan.

Catridge tersebut akan berdiri ataupun diletakkan pada dudukan yang terdapat di dalam printer. Setiap produsen komputer biasanya memiliki bentuk dan ukuran dudukan yang berbeda, sehingga anda hanya dapat menggunakan jenis catridge yang sesuai pada jenis komputer yang digunakan.

Arsitektur catridge sendiri memiliki bagian yang disebut sebagai print head. Itu merupakan sebuah akses yang dapat digunakan sebagai tempat keluar masuknya tinta printer yang diorganisasikan dan dikendalikan oleh sebuah chip yang tertanam di bagian belakang catridge, dimana chip ini secara langsung akan terhubung ke mainboard pada printer.

Berbicara mengenai mainboard pada printer, fungsi utama fitur ini yaitu untuk menjembatani perintah yang diberikan oleh komputer melalui driver software yang telah terinstall di dalamnya. Ini merupakan otak utama yang mengatur dan menjalankan perintah data - data dari komputer ke printer dan melakukan pencetakan secara teratur dan terorganisir.

Untuk merawat printer komputer agar tetap terjaga kinjernya dalam jangka waktu yang lama. Anda perlu membersihkan printer minimal seminggu sekali guna menghindari dari partikel kecil yang mungkin berada di dalam. Kami pun menyarankan kepada anda untuk menggunakan catridge yang orisinil dan menghindarkan penggunaan tinta inject dengan kualitas rendah.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler