Fungsi Mouse Komputer

Share on :

Mouse merupakan sebuah perangkat input yang secara historis hampir sama fungsinya dengan keyboard untuk membantu dalam proses entri data terutama dalam progam grafis antarmuka. Fungsi mouse komputer yang paling utama yaitu untuk memindahkan kursor atau pointer di layar dari komputer. Format yang paling umum digunakan dari kursor adalah dengan bentuk panah, namun ada pilihan dalam sistem operasi yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan bentuk yang lainnya.

Fungsi Mouse Komputer

Perangkat mouse bekerja sebagai pointer pada layar komputer dan biasanya menawarkan empat jenis operasi; pindah, klik, klik ganda dan drag and drop. Anda juga akan menemukan mouse dengan model satu, dua, tiga atau lebih tombol yang berfungsi tergantung pada lingkungan kerja dan program yang sedang digunakan. Namun sangat jelas bahwa tombol kiri yang paling sering digunakan.

Yang perlu anda ketahui, bahwa mouse biasanya terhubung ke komputer melalui konektor atau port dengan serial, PS2 atau yang terbaru USB (Universal Seraial Bus). Ada juga koneksi nirkabel dimana yang tertua menggunakan inframerah dan yang terbaru dengan sistem bluetooth.

Perangkat input lainnya yang bersaingan dengan mouse juga dapat anda temukan dipasaran, yaitu touchpad (umumnya digunakan dalam komputer notebook) dan trackball. Anda juga dapat melihat joystick sebagai salah satu pesaing, namun perangkat tersebut tidak umum digunakan untuk komputer.

Saat ini perkembangan mouse komputer sudah mencapai tahap yang mengesankan dengan penggunaan yang dapat disesuaikan pada aktivitas user komputer. Seperti contoh, jika anda gemar bermain game, anda dapat menggunakan jenis mouse gaming untuk mempermudah dalam melakukan berbagai macam kegiatan. Walaupun demikian, biasanya mouse gaming mempunyai harga yang jauh lebih mahal mulai dari 50 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah perunitnya. Sedangkan mouse standar bisa anda dapatkan dengan harga minimum 15 ribu rupiah per unitnya.

Kami pun lebih menyarankan kepada anda, untuk menggunakan mouse standar jika pekerjaan yang dilakukan hanya dalam konteks yang biasa - biasa saja. Hal ini tentunya dapat menghemat lebih banyak pengeluaran anda.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler