Fungsi Komputer Server

Share on :

Mungkin anda pernah mendengar mengenia komputer server, sebenarnya apakah komputer sever itu. Komputet server merupakan komputer induk ataupun pusat tempat dimana data - data disimpan dari berbagai macam komputer. Fungsi utama dari komputer server adalah menjaga agar kemanan data - data yang tersimpan selalu dapat terhubung ke komputer client, komputer ini juga dapat memberikan akses terbatas untuk komputer client yang terhubung dalam jaringan.

Fungsi Komputer Server

Dalam setiap jaringan, komputer server mempunyai minimal 1 komputer client. Komputer server ini akan memberikan akses kepada komputer client berdasarkan hak akses data yang dibatasi oleh server. Jadi komputer client hanya dapat melakukan tugas - tugas yang terbatas, karena segala pekerjaan dari komputer cleint dapat dengan mudah dimonitor dari komputer server.

Jaringan komputer server saat ini banyak digunakan oleh perusahaan pribadi ataupun pemerintahan. Hal tersebut dikarenakan segala pekerjaan untuk memonitor setiap user dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Jika ada user yang ingin melakukan kegiatan diluar prosedur yang diberikan, maka komputer server dapat dengan mudah melacaknya, untuk kemudian mematikan akses data dari client ke server.

Biasanya di perusahaan besar, sebuah komputer server akan menangani lebih dari 10 komputer client. Semakin banyak komputer clientnya, makan kapasitas penyimpanan data yang terdapat di komputer server akan semakin besar dan berkali lipat. Di samping itu penggunaan hardware pada komputer server berbeda dengan komputer client yang jauh lebih sederhana. Karena kompleksnya desain dari komputer server, biaya yang diperlukan untuk merawat dan mengoperasikan pun akan semakin besar. Ini adalah salah satu kelemahan yang tedapat pada komputer server.

Selain itu, komputer server juga memerlukan minimal 1 orang administrator yang berfungsi untuk menjaga dan memanajemen data - data yang ada di dalamnya. Sehingga jika terjadi suatu kesalahan, admin dapat secara cepat mengatasi masalah tersebut agar tidak berimbas pada pekerjaan yang dilakukan oleh komputer client. Dan yang perlu anda ketahui, biasanya komputer server mempunyai beberapa backup data yang dapat digunakan ketika terjadi masalah di komputer server utama.



Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler