Fungsi VGA Komputer

Share on :

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array, dimana fungsi VGA komputer sebagai konektor analog yang memungkinkan komputer dan monitor dapat melakukan komunikasi satu sama lainnya dengan lebih baik, untuk kemudian output dari monitor komputer dapat ditampilkan pada layar.

Fungsi VGA Komputer

Ada berbagai macam jenis konektor VGA yang dapat anda temukan dan mempunyai fungsi yang berbeda - beda, mulai dari Stadard VGA, SVGA dan VGA mini. Jenis VGA standard datang dalam berbagai macam ukuran dan memiliki beberapa pin mulai dari 9 pin konektor hingga 15 pin konektor. Bentuk VGA ini seperti trapesium dan dilengkapi dengan teknologi DVI dan HDMI.

Awalanya VGA standard mampu memberikan resolusi layar maksimum sebesar 640 x 480 piksel dengan 256 warna yang dikembangkan oleh IBM ditahun 1987, dan hingga sekarang ini model VGA ini menjadi standar untuk digunakan pada monitor dan personal komputer untuk akses yang sederhana.

Melihat jenis konektor lainnya, "SVGA", merupakan RAM yang mempunyai desain lebih baik dari VGA standar. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mendukung warna hingga 16 juta dengan resolusi mulai dari 800 x 600 piksel hingga 1024 x 768 piksel. Komputer saat ini dilengkapi dengan video yang kuat dan dapat menangani jenis kartu SVGA. Sedangkan komputer lama, tidak mungkin memiliki kekuatan pemrosesan untuk menangani 16 juta warna dan resolusi SVGA yang besar.

Jenis VGA yang terakhir yaitu VGA Mini yang dikembangkan sebagai tanggapan terhadap kebutuhan hardware tertentu seperti Laptop, Notebook dan perangkat sejenisnya. Fungsi VGA mini komputer ini yaitu untuk menghemat berat dan ukuran perangkat keras yang memungkinkan dapat diaplikasikan pada perangkat yang lebih kecil dari komputer, namun demikian VGA mini memberikan output yang sama sebagai koneksi SVGA.

Demkianlah beberapa jenis VGA yang perlu anda ketahui berserta fungsinya untuk digunakan dalam jenis komputer yang berbeda. Semakin besar kualitas VGA maka komputer akan membutuhkan spesifikasi yang lebih baik lagi terutama untuk motherboard dan prosesor, agar kinerja pengolah datannya dapat berjalan dengan lebih cepat.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler