Sejarah Mainframe Komputer

Share on :

Mainframe komputer merupakan sebuah perangkat yang diciptakan oleh IBM meskipun dianggap telah ketinggalan jaman di tahun 90 an oleh perusahaan pesaingnya, namun hingga kini produk mainframe terus berkembang dengan pesat dan kuat.

Sejarah Mainframe Komputer

Selama kurang lebih empat dekade, IBM telah menginvestasikan dalam pengembangan dan perluasan kemampuan fungsional dari peralatan komputer, termasuk platform teknologi terbaru seperti Linux, Java dan Websphere. Awal pertama pengembangan mainframe komputer terjadi di tahun 60 yang menuntut sumber daya pengolahan data untuk dipergunkan berbagai macam aktivitas pemerintahan.

Beberapa tahun kemudian, peralatan ini telah menjadi sebuah alat administrasi untuk digunakan pada banyak perusahaan lokal maupun instansi pemerintahan karena dapat mempercepat pekerjaan dan efesiensi dalam prosedur administrative dan operasional yang lebih besar. Lambat laun mereka mulai untuk menciptakan pusat – pusat pengolahan data milik mereka sendiri. Beberapa versi mainframe komputer yang terkenal yaitu versi IBM 165 yang mempunyai fitur dengan kapasitas tempat penyimpanan data terbesar pada masanya hingga kapasitas 3 megabyte.

Hingga saat ini perkembangan mainframe komputer terus dikembangkan, salah satunya perusahaan IBM Academic yang meluncurkan berbagai macam program perkembangan yang mencakup lebih dari 150 universitas dan lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia. Hal ini dimaksudkan untuk membekali para profesional dengan pengetahuan khusus dalam teknologi mainframe dan menyediakan sumber daya pendidikan pada teknologi IMB.

Banyak perusahaan – perusahaan pengembang peralatan telekomunikasi khususnya komputer, telah mengembangkan mainframe komputer menjadi lebih baik lagi dan efektif untuk penggunaan pribadi maupun secara umum. Mainframe komputer merupakan dasar dari dibentukanya beragam dan jenis komputer yang beredar di masyarakat.

Untuk itulah, IBM dari tahun ke tahun mempunyai program – program yang dikhusukan bagi para pemuda dan profesional untuk mengembangkan keterampilan di bidang mainframe, dan memungkinkan mereka masuk lebih mudah ke pasar tenaga kerja, serta dapat juga sebagai penyediaan keterampilan khusus untuk mengganti seorang teknisi yang sudah tidak berproduktifitas lagi. Dan menurut kabar sudah lebih dari 50 ribu profesional yang mempunyai keterampilan mainframe komputer di seluruh dunia hingga sekarang ini


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler