Mainframe Komputer Generasi Kedua

Share on :

Seperti yang kita ketahui bahwa komputer generasi pertama termasuk dalam kategori komputer mainframe yang mempunyai ukuran dan berat sangat besar. Komputer generasi ini banyak sekali digunakan oleh instansi – instansi pemerintahan ataupun pribadi guna mempercepat proses pekerjaan yang dilakukan.


Beralih ke mainframe komputer generasi kedua, banyak diantara jenis komputer ini yang sudah mempunyai bentuk lebih kecil dan berat yang agak ringan. Selain itu kinerja dan kemampuan dari komputer generasi kedua lebih baik, karena merupakan pengembangan yang dilakukan dari komputer generasi pertama. Dan pada masa ini, banyak orang yang beranggapan ini adalah masa mikrokomputer.

Salah satu mainframe komputer generasi kedua yang paling terkenal karena kecepatan dan kehandalannya di dalam mengolah data – data adalah IMB 1402 untuk digunakan beragam industri di seluruh dunia dan hampir seluruh perusahaan – perusahaan menggunakan jenis komputer ini untuk mempercepat berbagai macam proses informasi keuangannya.

Mainframe komputer generasi kedua telah mengenal beberapa bahasa pemrogaman seperti Common Business Oriented Langguage atau COBOL dan Formula Translator atau FORTRAN. Kedua bahasa inilah yang saat itu menjadi andalan guna mengatasi kode – kode mesin yang sangat rumit dan membingungkan karena berisi banyak kalimat, formula dan kata – kata alam matematika.

Komputer generasi kedua yang berada antara tahun 1929 hingga 1956 ini memiliki ciri – ciri yang unik, seperti kapasitas memori utama yang terdapat did lam komputer cukup besar, transistor yang sering digunakan telah di gantikan dengan vakum tube atau tabung hampa, mainframe komputer generasi kedua telah menggunakan magnetic disk dan tape yang telah membentuk sebuah removable disk, komputer jenis ini juga telah mempunyai fungsi time sharing dan proses secara realtime sehingga menghasilkan operasi yang lebih cepat, dan yang terakhir, komputer generasi kedua di fokuskan untuk digunakan pada aplikasi teknik ataupun bisnis.

Pada masa mainframe komputer generasi kedua ini, telah banyak sekali bermunculan programmer, ahli komputer dan analis yang dapat membangun komputernya sendiri. Sehingga pada saat itu banyak perusahaan – perusahaan pribadi yang dapat menggunakan dan mengoperasikan komputer dengan lebih mudah.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler