IBM 360 Mainframe Komputer Generasi Ketiga

Share on :

IBM merupakan produsen terkemuka untuk perangkat komputer komersil yang dahulu kala pernah meluncurkan keluarga komputer 360 yang disebut sebagai mainframe komputer generasi ketiga dan telah menjadi tonggak sejarah di dunia industri. Komputer ini menjadi yang terbaik di masanya, karena konsep desain untuk berbagai multi tugas, sharing komputer dan emulasi kompabilitas.

IBM 360 Mainframe Komputer Generasi Ketiga

IBM 360 atau IBM system/360 (s/360) merupakan keluarga mainframe dari salah satu produk IBM yang pertama kali diluncurkan pada tanggal 7 April 1964. Keluarga pertama komputer mainframe ini membuat berbagai perbedaan yang jela antara arsitektur dan implementasi, yang memungkinkan IBM untuk meluncurkan proyek set compatible di berbagai rentang harga. Proyek IMB yang satu ini dianggap oleh orang banyak sebagai salah satu yang paling sukses dalam sejarah komputer, yang mempengaruhi desain mesin baru selama bertahun – tahun.

Komputer IBM 360 ini juga pernah digunakan untuk program luar angkasa Amerika yang diluncurkan pada tanggal 7 April 1964 yang diciptakan oleh arsitektur Gene Amdahl dengan menyebutnya sebagai IMB system 360 secara khusus kemudian dirancang untuk tujuan komersil dan menandai tren komputer untuk menggunakan sirkuit terpadu (IC) yang dikenal sebagai chip.

Mainframe komputer generasi ketiga ini merupakan komputer pertama yang meperkenalkan konsep mudularitas, dimana pengguna dapat memperoleh modul yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Fleksibilitas ini telah memungkinkan beberapa perusahaan membeli komputer dengan lebih mudah.

Model termurah dari seri 360 yaitu menggunakan sistem 8 bit. Pengolahan komputer ini dilakukan dengan satu set transistor yang berjalan ke sebuah chip. Sistem komputer 360 8 bit juga mampu melakukan operasi lebih dari 2 juta operasi per detik dan sekitar 500 ribu perkalian.

Setelah rilis IMB 360 ini, banyak produsen – produsen lainnya yang mulai mengembangkan mainframe komputer generasi ketiga dengan sistem yang lebih kompleks namun dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga revolusi komputer mulai terjadi dan semakin maju hingga saat ini.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler