Generasi Komputer Mainframe

Share on :

Generasi komputer mainframe menandakan bahwa teknologi komputer mengalami kemajuan dari masa ke masa dan menjadikannya lebih sempurna lagi. Walaupun demikian, saat ini banyak sekali ahli komputer yang memberikan informasi berbeda – beda mengenai sejarah komputer di seluruh dunia, terutama sekali pada perkembangan di dunia Mainframe.

Generasi Komputer Mainframe

Setiap generasi dari generasi selanjutnya, telah membuktikan bahwa kinerja dari sebuah komputer semakin cepat dan kuat, di tambah dengan ukuran yang lebih kecil yang berampak pada proses pembuatan yang lebih murah. Jika dibandingkan dengan masa sekarang ini, sudah jauh berbeda dari bentuk, kecepata, dan desainnya yang lebih tertata dengan rapih.

Generasi komputer pertama kali datang di tahun 1941 yang salah satunya di buat oleh seorang insinyur komputer asal negara jerman dengan produknya Z3. Komputer inilah yang digunakan pada perang dunia kedua untuk membuat desain dari pesawat terbang dan berbagai peluru kendali.

Sementara ini negara inggris juga tidak ketinggalan di dalam memproduksi sebuah komputer dengan versinya Colossus yang digunakan untuk memecah kode rahasia yang sering digunakan oleh negara Jerman pada masa itu. Jenis komputer inggris ini bukanlah jenis komputer yang serbaguna dan hanya berfungsi memecahkan kode – kode rahasia saja, sehingga perkembangannya semakin meredup hingga akhir perang dunia ke dua.

Perkembangan komputer pada masa itu semakin cepat dan pesat, hal ini terlihat dari terciptanya komputer berteknologikan Electronic Numerical Integrator and Computer atau ENIAC yang merupakan kerjasama antara pemerintahan Amerika serikat dan universitas Pennsylvania. Komputer jenis ini memiliki sekitar 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor dan lebih dari 5 juta titik solder. Bentuk dari komputer ini sangat besar sekali jika dibandingkan dari perangkat lainnya dan memakan daya sebesar 160 kW.

Berbagai macam perbedaan yang dapat anda temukan pada generasi komputer mainframe pertama hingga yang termodern. Mainframe komputer generasi pertama menggunakan komponen tabung hampa untuk pengisi elektroniknya, progam yang digunakan pun maih menggunakan bahasa mesin yang tersimpan di dalam memori komputer. Ukuran komputer generasi pertama lebih besar sehingga memerlukan tempat yang cukup luas untuk menempatkannya, selain itu pengguna juga perlu menempatkan pendingin dalam kapasitas yang besar.

Pada generasi kedua dari komputer mainframe sudah menggunakan transistor sebagai komponen elektronikanya. Komputer ini sudah menggunakan program aplikasi seperti frotran, algol dan cobol. Sementara itu, ukurang generasi komputer mainframe ke dua lebih kecil dan padat, dan dengan fungsi transistor, maka komputer ini tidak akan mengeluarkan panas yang besar.

Kemajuan tekonlogi dalam generasi komputer mainframe terlihat mulai dari generasi ketiga, dimana komputer ini banyak menggunakan CPU yang diciptakan untuk meningkatkan kecepatan dan penyelesaian pekerjaan. Dan banyak sistem dari komputer generasi ketiga yang digunakan pada perangkat – perangka komputer sekarang ini.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler