Fungsi Ram Komputer

Share on :

RAM adalah perangkat keras komputer yang memegang peranan sangat penting untuk melakukan proses pengolahan data. Secara garis besarnya, fungsi RAM komputer yaitu untuk mengambil dan mengolah data - data yang terdapat di dalam harddisk untuk kemudian prosesor mengolah data - data tersebut. RAM juga dapat dikatakan sebagai tempat penyimpanan sementara sehingga kerja prosesor tidak berat untuk mengambil data - data dari harddisk.

Fungsi Ram Komputer

Saat ini ada banyak sekali jeni RAM di komputer desktop yang dapat anda temukan di pasaran. Di awal perilisan, pasti anda mengenal memori dengan sistem jenis SIMM atau modul memori single in-line. Jenis RAM ini menggunakan sekitar 30 konektor pin dan ukurannya kuang lebih 9 x 2 cm. Pada kebanyakan komputer, anda harus melakukan instalasi SIMM dengan kapasitas dan kecepatan yang sama di dua soket. Seperti contoh, anda dapat menginstall dua simm dengan ukuran 8 megabyte untuk mencapai total keseluruhan 16 MB RAM. Setiap SIMM tersebut dapat mengirimkan 8 bit data sekaligus, sementara bus sistem dapat memanipulasi bit dalam satu waktu.

Kebanyakan RAM yang tersedia saat ini memiliki kualitas yang sangat handal dengan fitur kontroler memori yang dapat memeriksa kesalahan ketika memulai operasi. Secara umum, chip memori dengan sistem tersebut menggunakan metode yang dikenal sebagai chip paritas, memiliki sedikit ekstra pekerjaan untuk setiap 8 bit data.

Kelemahan dari sistem paritas yang ada yaitu bahwa sistem ini jika menemukan kesalahan pada pengolahan data, dia tidak dapat melakukan apapun untuk memperbaikinya. Jika byte data yang tidak cocok ketika di olah dengan paritas bit, maka data akan dibuang dan sistem akan mencoba mulai membacanya lagi.

Selain sistem paritas, anda juga dapat menemukan sistem pengoreksi kesalahan lainnya, yaitu ECC (Error Code Correction). Sistem ECC sering sekali digunakan untuk komputer dengan beragam aplikasi yang kritis dan berat, dan dapat terlihat pada server berkinerja tinggi. Seperti paritas, Seperti paritas , ECC menggunakan bit tambahan untuk memverifikasi data di setiap byte . Perbedaannya adalah bahwa berbagai bit ECC digunakan untuk pengecekan error (jumlah tergantung pada lebar bus ).


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler