Fungsi Processor Komputer

Share on :

Processor merupakan perangakat terpenting yang terdapat pada sebuah komputer, apakah itu dalam bentuk desktop ataupun portable seperti laptop. Fungsi processor komputer yang paling utama yaitu bertanggung jawab untuk mengambil dan melakukan eksekusi instruksi yang ada dalam memori komputer. Instruksi ataupun prosedur tersebut terdiri dari operasi matematis dan logis, kemudian secara langsung membaca dan akhirnya menulis dalam bentuk operasi data.


Processor dapat disebut juga sebagai otak dari komputer dan mempunyai sistem yang paling kompleks sehingga harga komponen hardware ini adalah yang paling mahal. Perangkat ini tidak dapat melakukan berbagai pekerjaan dengan sendirinya. Seperti otak pun membutuhkan tubuh untuk melakukan beragam aktivitas dengan cepat dan tepat.

Karena hal itulah, pada setiap komputer anda akan menemukan berbagai komponen pendukung agar kinerja processor dapat berjalan baik dan cepat, seperti memori atau RAM, video HD, kartu jaringan, monitor, keyboard, mouse dan lain - lainnya. Semakin perangkat tersebut memiliki kualitas terbaik, maka semakin cepat pula komputer melakukan pekerjaannya.

Mungkin anda sudah mengetahuinya bahwa komputer hanya bekerja dengan angka 0 dan 1, dan mereka perlu diperhitungkan untuk lolos ke perangkat lainnya. Tugas pengolahan tersebut jatuh kepada processor, dimana fungsi processor komputer untuk mengangkut data dari hard disk ke memori dan kemudian bekerja di dalamnya. Selain itu, processor ternyata juga mengedalikan semua sirkuit terpadu lainnya.

Kecepatan processor sekarang ini di ukur dalam Hz. Semakin tinggi nilai tersebut, maka CPU dapat melakukan perhitungan dengan lebih cepat. Seperti contoh sebuah processor yang berjalan pada kecepata diatas 1 GHz yang berarti dapat mengolah dua miliar kalkulasi per detiknya. Berbeda dengan prosesor yang menggunakan sistem core, seperti dual core. Processor tersebut melakukan dua operasi pada saat yang sama ranpa meningkatkan kecepatan ataupun frekuensi namun meningkatkan kinerja komputer.

Pada saat ini anda sudah dapat menemukan jenis processor dengan jumlah core hingga 6 buah yang digunakan secara umum, namun ada versi yang lebih tinggi lagi yang dikhususkan untuk pemakaian yang lebih pribadi dan belum diperjualbelikan secara menyeluruh.


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler