Fungsi Power Supply Pada Komputer

Share on :

Power supply merupakan sebuah komponen hardware yang sangat penting bagi komputer, dikarenakan fungsi power supply komputer digunakan untuk mengubah 115 volt atau 230 volt AC power ke 3.3 volt, 5 volt atau 12 volt DC power untuk dapat digunakan motherboard dan bus perifier. Tegangan yang lebih rendah hari 3.3 volt biasanya digunakan untuk jenis CPU yang paling modern yang dihasilkan oleh voltage regulator module pada motherboard.

Fungsi Power Supply Pada Komputer

Dalam sistem komputer portable atau notebook, power supply hampir selalu menggunakan sistem eksternal dan mungkin satu - satunya fitur di mana efisiensi energi tidak menjadi masalah yang berarti, karena tidak mempengaruhi masa pakai baterai.

Power supply untuk PC Desktop memiliki nilai efisiensi khas dari 65 persen hingga 75 persen. Untuk tipe PC yang lebih mahal dari versi standarnya, biasanya perlengkapan tersebut dapat memberikan efisiensi pada kisaran 80 persen hingga 90 persen. Dan saat ini, jenis komputer berkualifikasi Energy Star telah memiliki pasokan listrik internal dengan efisiensi minimal 82 persen.

Seperti yang kita ketahui bahwa perangkat komputer menggunakan sumber arus searah dan tengangan bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Dengan demikian, power supply akan otomatis beralih dari AC input dan mengubahnya menjadi DC output secara konsistem untuk memenuhi persyaratan dari perangkat elektronik. Sebagai contohnya, sebuah power supply yang terdapat pada laptop menerima tegangan input dari 90 volt hingga 265 volt dengan frekuensi 47 hingga 63 Hz. Dengan bantuan power supply, maka tegangan dapat dirubah menjadi tetap pada 19.5 volt untuk DC outputnya. Sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dan tidak kelebihan beban.

Power supply yang secara otomatis dapat beralih antara sinyal input listrik dan baterai lebih dikenal dengan sistem uninterruptible power supply atau UPS. Jika anda memiliki fluktuasi listrik yang kurang stabil, UPS akan melakukan auto-switch untuk memberikan outpun yang konsisten pada perangkat. Hal ini tentunya dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan komputer dan perangkat listrik sensitif lainnya jika anda mengalami listrik padam ataupun tegangan yang tinggi.




Advertisement

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, mohon gunakan kata sopan dan bijak dan gunakan Nama/Url tidak menggunakan user Anonim. Saran dan dukungan dari anda sangat saya harapkan. Jika selayaknya bermanfaat bisa copy-paste namun gunakan izin terlebih dahulu dan sertakan sumbernya.

Artikel Terpopuler